oleh

Menteri Kesehatan Tetapkan RSUD Karawang Jadi Rujukan Jantung, Punya Alat Tercanggih

-Regional-165 views

KARAWANG, biropers.com – Kabar gembira, Menteri kesehatan menetapkan RSUD Karawang menjadi jejaring pusat jantung nasional langsung di bawah Pengampuan RS Pusat Jantung Nasional Harapan Kita.

Kedepan, RSUD Karawang segera memiliki Cardiac Center untuk pelayanan jantung. Dengan demikian, RSUD Karawang menjadi salah satu RS pusat rujukan jantung di Jawa Barat. Penetapan RSUD Karawang menjadi RS pusat rujukan jantung Jawa Barat ini akan mempermudah masyarakat Karawang dan kota-kota sekitar untuk pengobatan penyakit jantung.

“RSUD Karawang menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Menteri Kesehatan atas pemberian alat Cath Lab tercanggih dan terbaru saat ini. Insha Allah membantu pelayanan masyarakat Jawa Barat, dan tentu khususnya warga Karawang,” ujar dr. Fitra Hergyana SpKK, Plt Direktur Utama RSUD Karawang, Rabu (28/12).

Fitra mengatakan, masyarakat tak perlu khawatir akan biaya, karena penggunaan alat Cath Lab canggih tersebut bisa menggunakan layanan BPJS kesehatan. “Dengan adanya alat Cath Lab ini, RSUD Karawang menjadi rujukan rumah sakit di Jawa Barat. Sebelumnya baru rujukan regional Purwasukasi (Purwakarta, Subang, Karawang dan Bekasi).” ujar Fitra.

Karawang Cardiac Center merupakan inovasi pelayanan jantung terpadu di RSUD Karawang. Dengan pelayanan jantung terpadu one stop center sampai dengan pelayanan Cath Lab.

“RSUD sudah punya empat dokter spesialis jantung dan pembuluh darah. Semuanya adalah spesialis jantung terbaik lulusan dalam dan luar negeri,” tandas Fitra.

Cath Lab atau kateterisasi jantung adalah suatu pelayanan yang dilakukan di laboratorium kateterisasi jantung & angiografi untuk menentukan diagnostik penyakit jantung dan pembuluh darah dan untuk selanjutnya dilakukan intervensi non bedah sesuai indikasi secara invasive melalui pembuluh darah dengan menggunakan kateter atau elektroda.
Tindakan Cath Lab antara lain :

1. Diagnostic Coronary Angiography (DCA) adalah proses diagnostic penyakit jantung koroner.

2. Percutaneus Transluminal Coronary Angioplasty (PTCA) Stent adalah prosedur non-bedah dengan invasi minimal yang digunakan untuk membuka pembuluh darah yang menyempit.

3. Temporary Pace Maker (TPM) adalah Pemasangan pacu jantung yang bersifat sementara pada pasien dengan irama jantung lambat.

4. Percutaneous Transvenous Mitral Commisurotomy (PTMC/ BMV/ ASO/ AMVO/ LAA Closure) adalah tindakan untuk memperbaiki kelainan pada katup mitral.

5. Kateterisasi Jantung

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *